ANALISIS SENTIMEN PADA APLIKASI KFCKU Di GOOGLE PLAYSTORE MENGGUNAKAN NAÏVE BAYES
Abstract
KFC merupakan restoran dengan sistem unit terbesar di Indonesia.KFC memiliki aplikasi yang bernama KFCku aplikasi ini berfungsi untuk memesan makanan secara online atau bisa disebut dengan aplikasi Online Food Delivery system (OFDS) aplikasi ini bertujuan untuk memudahkan konsumen dalam memesan makanan melalui aplikasi dan dapat menjangkau konsumen lebih luas, aplikasi KFCku ini di distribusikan pada google playstore sehingga banyak menghasilkan ulasan dari pengguna.Hasil dari ulasan tersebut memiliki pengaruh bagi penggunaan dan pengembangan pada aplikasi tersebut, namun dengan banyaknya data dan ulasan yang ada sehingga data tersebut tidak bisa di lakukan secara manual. Maka dari itu di perlukan metode untuk melihat kecenderungan pengguna pada aplikasi secara otomatis apakah positif atau negative Pada penelitian ini bertujuan untuk analisis pengguna pada aplikasi KFCku pada Google Playstore, tahapan yang di lakukan dalam penelitian ini adalah menggumpulakan data dari ulasan yang ada di apliksi KFCku sebanyak 500 data baik itu ulasan positif atau negatif. Penelitian ini menggunakan metode text mining yang terdiri dari tahapan, scraping data, labelling, cleaning, preprocessing (transformation, tokenization,filtering) Algoritma yang di gunakan dalam penelitian ini menggunakan algoritma naïve bayes, setelah melakukan proses semuanya hasil dari penelitian analisis sentiment pada aplikasi KFCKU mendapatkan akurasi 83%, untuk ulasan positive, precision mencapai 98%, dan untuk recall 83%. Dari hasil pemprosesan dengan cara klasifikasi dengan menggunakan algoritma naïve bayes bagus dan berjalan dengan baik