ESTIMASI PENJUALAN PADA TOKO DAMHIL CAKE AND BAKERY MENGGUNAKAN ALGORITMA REGRESI LINIER SEDERHANA DALAM MENENTUKAN STRATEGI PENJUALAN KUE KERING

  • Kaslani Kaslani Teknik Informatika
  • Regi Putri Siti Nur Hajijah Teknik Informatika, STMIK IKMI Cirebon
  • Sandy Eka Permana Teknik Informatika, STMIK IKMI Cirebon
  • Fatihanursari Fatihanursari Teknik Informatika, STMIK IKMI Cirebon
Kata Kunci: Algoritma regresi linier, Strategi penjualan kue kering, dan Estimasi penjualan produk

Abstrak

Damhil cake and Bakery merupakan perusahaan kecil dan menengah yang bergerak di bidang industri roti dan kue di tengah persaingan yang semakin ketat. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan strategi penjualan kue kering di Toko Damhil cake and Bakery melalui estimasi hasil penjualan produk menggunakan algoritma regresi linier sederhana. Penelitian ini melibatkan pengumpulan data penjualan produk kue kering di Toko Damhil Cake and Bakery selama priode 1 tahun yaitu tahun 2022. Data ini mencakup informasi tentang harga produk, dan dampak musiman terhadap penjualan. Dalam analisis ini, algoritma regresi linier sederhana dengan pendekatan Knowledge Discorvery in Databases (KDD) digunakan untuk memodelkan hubungan antara variabel-variabel tersebut dengan hasil penjualan. Penelitian ini melibatkan analisis data historis penjualan kue kering, penerapan algoritma regresi linier sederhana untuk membangun model prediktif, dan penggunaan metode KDD untuk mengidentifikasi pola atau hubungan yang dapat meningkatkan strategi penjualan. Hasil estimasi penjualan diharapkan dapat membantu Toko Damhil cake and Bakery dalam mengambil keputusan yang lebih tepat terkait produksi, promosi, dan penetapan harga produk. Dengan menerapkan pendekatan ini, diharapkan toko dapat meningkatkan efisiensi operasionalnya dan merumuskan strategi penjualan yang lebih cerdas. adalah Hasil penelitian ini dapat memberikan jawaban terhadap permasalahan yang dirumuskan dalam latar belakang, yaitu kesulitan untuk menentukan strategi penjualan yang efektif, adapun relevensi dari penelitian ini yaitu bertujuan untuk membantu Toko Damhil Cake and Bakery untuk membuat keputusan yang lebih akurat dalam merencanakan strategi penjualan kue keringdan meningkatkan efisiensi bisnis. Hasil yang diperoleh dari prediksi penjualan kue kering untuk periode waktu tahun 2022 sebanyak 10.458pcs.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##
Diterbitkan
2024-02-22