OPTIMASI POLA PEMBELIAN TOKO SEMBAKO DENGAN ALGORITMA FP-GROWTH

  • Anis Fitriyah Teknik Informatika, STMIK IKMI Cirebon
  • Kaslani Kaslani Komputerisasi Akuntansi, STMIK IKMI Cirebon
  • Edi Tohidi Komputerisasi Akuntansi, STMIK IKMI Cirebon
  • Mulyawan Mulyawan Sistem Informasi, STMIK IKMI Cirebon
  • Fathurrohman Fathurrohman Rekayasa Perangkat Lunak, STMIK IKMI Cirebon
Keywords: Algoritma Fp-Growth, Data Transaksi Penjualan, Data Mining, Toko Mikha Grosir, Strategi Penjualan

Abstract

Toko sembako adalah toko kelontong (bahan pokok) yang menjual berbagai macam kebutuhan pokok masyarakat pada umumnya. Tanpa kebutuhan dasar masyarakat bisa terganggu karena bahan pokok ini yang paling utama. Penempatan pada produk toko ini masih dilakukan secara tradisional/manual oleh pemilik toko dan data transaksi penjualan di Toko ini hanya digunakan sebagai simpanan tanpa dimaksimalkan penggunaannya. Semakin banyak toko kelontong modern semakin sedikit pelanggan yang membeli di toko tersebut. Dalam penerapan teknik data mining menggunakan metode asosiasi dengan memanfaatkan Algoritma Fp-Growt, Permasalahannya adalah belum bisa mengetahui produk apa yang sering di minati pelanggan, ketersediaan produk seringkali tidak sesuai dengan keinginan konsumen sehingga bisa berdampak buruk. Algoritma Fp-Growth ini digunakan untuk mengidentifikasi peraturan yang mengatur keterkaitan antara kombinasi itemset. dalam data transaksi penjualan, dengan tujuan memberikan rekomendasi untuk mengoptimalkan strategi penjualan dengan mengidentifikasi produk-produk yang sering dibeli bersamaan, dan menyusun menu berdasarkan preferensi konsumen. Berdasarkan Association Rules menghasilkan 3 barang  yang umumnya dibeli oleh pelanggan yaitu Gula, Minyak Goreng dan Tepung.  Hasil evaluasi menunjukan nilai support tertinggi pada seluruh itemset sebesar 0.170. Pengujian pembentukan itemset, dengan nilai support 0.1  dan nilai confidence 0.5 mendapatkan rule sebanyak 7 rule dan mendapatkan nilai confidence yang paling tinggi yaitu 0.950 serta mendapatkan nilai lift paling tinggi 4.923 sehingga dinyatakan semua aturan yang dihasilkan memiliki kekuatan dan validitas yang dapat diandalkan  untuk digunakan  meningkatkan strategi penjualan. Penelitian ini dapat membantu Toko untuk dapat meningkatkan pengalaman pelanggan, mengoptimalkan stok produk, dan meningkatkan kepuasan pelanggan secara keseluruhan. Hasil temuan dari penelitian ini bisa dimanfaatkan untuk memberikan bantuan atau dukungan dalam proses penjualan, fokus pada barang - barang yang banyak diminati oleh pelanggan dan ketersediaan stok barang.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-03-27