PENERAPAN ALGORITMA C4.5 UNTUK SELEKSI PENJURUSAN SISWA BARU PADA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

STUDI KASUS: SMK PLUS AL-HILAL ARJAWINANGUN

  • Moh. Roghib Teknik Informatika, STMIK IKMI Cirebon
  • Nining Rahaningsih Komputerisasi Akuntansi, STIMIK IKMI Cirebon
  • Raditya Danar Dana Manajemen Informatika, STMIK IKMI Cirebon

Abstrak

Siswa baru memilih jurusan mereka dalam upaya menyelaraskan program akademik mereka dengan minat dan keterampilan masa depan mereka dengan tujuan membentuk lintasan profesional di masa depan. Penentuan jurusan di SMK tidaklah sederhana. Dengan begitu, penentuan jurusan siswa yang diimplementasikan di SMK Plus Al-Hilal Arjawinangun berdasarkan hasil ujian penjurusan. Setelah siswa menyelesaikan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), proses penjurusan dilakukan. Banyaknya siswa yang memilih jurusan menghasilkan jumlah data yang cukup banyak dan rumit. Semakin sulit untuk mendapatkan informasi yang berarti dari hasil ujian ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkategorikan jurusan siswa di SMK Plus Al-Hilal Arjawinangun. Metode pada studi ini memakai decision tree algortitma C4.5 dalam melaksanakan klasifikasi. Data mencakup informasi tentang nama siswa, nilai ujian dan atribut lainnya. Setelah pengumpulan data, proses klasifikasi dilakukan dengan menggunakan algoritma C4.5. Langkah pertama dalam penelitian ini adalah melakukan preprocessing data, termasuk penghapusan data yang tidak valid, menambahkan data serta menangani data yang tidak lengkap. Hasil penelitian ini akan membantu dan memberi manfaat untuk sekolah menjadi lebih cepat dalam pengklasifikasian penentuan jurusan siswa SMK Plus Al-Hilal Arjawinangun. Dari pemodelan klasifikasi menggunakan algoritma C4.5 tingkat akurasi mencapai 98.02%, presisi 98.73% dan recall 98.73%.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##
Diterbitkan
2024-03-26