MENENTUKAN KEPUTUSAN KONSUMEN UNTUK MEMBELI LAPTOP MENGGUNAKAN METODE DECISION TREE ID3

STUDI KASUS MAHASISWA DI CIREBON

  • Ocsana Nur Amalia Teknik Informatika, STMIK IKMI Cirebon
  • Nana Suarna Teknik Informatika, STMIK IKMI CIREBON
  • Willy Prihartono Teknik Informatika STMIK IKMI Cirebon
Keywords: Pengaruh, Harga, Kualitas, Keputusan konsumen, Decision tree

Abstract

Harga dan Kualitas merupakan faktor yang sangat penting yang mempengaruhi perilaku konsumen. Laptop adalah salah satu komputer portable yang digunakan untuk melakukan banyak aktivitas. Permasalahannya adalah bagaimana cara konsumen memilih laptop sesuai kebutuhan mereka? Apa yang menjadi faktor utama yang sangat penting bagi konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana harga dan kualitas produk memengaruhi keputusan konsumen untuk membeli laptop karena penggunaan laptop telah menjadi bagian penting dari kehidupan sehari-hari, baik untuk pekerjaan maupun hiburan karena tidak semua pembeli dapat mengetahui kualitas dan fitur yang sesuai dengan budget mereka. Algoritma yang digunakan adalah algoritma decision tree. Hasil analisis menunjukan bahwa kualitas berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen sedangkan harga berpengaruh negatif terhadap keputusan pembelian konsumen. Implikasi dari hasil ini dapat menjadi tolak ukur bagi konsumen yang hendak membeli laptop untuk menentukan kualitas laptop yang akan dibeli. Dan produsen pun dapat mempertimbangkan untuk memberikan harga sesuai kualitas

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-04-26