PENERAPAN NLP (NATURAL LANGUAGE PROCESSING) DALAM ANALISIS SENTIMEN PENGGUNA TELEGRAM DI PLAYSTORE

  • Nurwanda Nurwanda Teknik Informatika, STMIK IKMI Cirebon
  • Nana Suarna Teknik Informatika, STMIK IKMI Cirebon
  • Willy Prihartono Komputerisasi Akuntansi, STMIK IKMI Cirebon
Keywords: Analisis Sentimen, Telegram, Play Store, Natural Language Processing

Abstract

Pendapat umum pengguna tentang aplikasi Telegram di Play Store umumnya positif, negatif, atau netral. Penelitian ini bertujuan untuk menilai sentimen pengguna terhadap fitur-fitur aplikasi Telegram, yang telah menjadi salah satu aplikasi pesan instan paling populer. Analisis sentimen ulasan pengguna di Play Store dapat memberikan wawasan tentang kepuasan pengguna dan masalah yang dihadapi. Permasalahan penelitian ini adalah menemukan sentimen pengguna terhadap Telegram di Play Store. Metode pemrosesan bahasa alami (NLP) digunakan untuk menganalisis sentimen pengguna Telegram di Play Store. Ulasan dibagi ke dalam tiga kategori: positif, negatif, dan netral. Penelitian ini juga mengidentifikasi tren umum dan masalah yang sering muncul dalam ulasan. Model NLP digunakan untuk mengklasifikasikan sentimen dan menganalisis kata kunci yang sering muncul. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa analisis sentimen ulasan pengguna Telegram di Play Store dengan metode NLP memiliki tingkat akurasi 85,31%. Rasio pembagian data untuk evaluasi adalah 80:20, dengan nilai presisi 93%, recall 76%, dan F1-Score 88%. Penelitian ini memberikan wawasan untuk pengembang dalam meningkatkan aplikasi dan memastikan kepuasan pengguna yang berkelanjutan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-04-18