SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS PENGGUNAAN LAHAN DAN PRODUKSI TANAMAN PANGAN KABUPATEN KEDIRI JAWA TIMUR

  • Antonius Septya Priya Pradana Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Kabupaten Kediri, Jawa Timur, Tanaman Pangan, Sistem Informasi Geografis

Abstract

Informasi data komoditas sekarang ini masih disajikan dalam bentuk laporan statistik setiap tahunnya di setiap-setiap daerah. Dalam hal ini termasuk juga pada wilayah Kabupaten Kediri. Untuk saat ini Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Kediri masih mengalami kesulitan memantau pertanian di Kabupaten Kediri karena luasnya wilayah dan belum ada sistem yang dapat membantu pendataan lahan pertanian dan hasil produksi tanaman pangan.
Sistem yang akan dibangun yaitu sebuah sistem informasi geografis penggunaan lahan dan produksi tanaman pangan. Dalam hal ini dengan adanya teknologi informasi ini langkah kedepannya akan lebih mempermudah untuk melihat lahan jenis tanaman pangan yang sudah ada maupun yang belum ada di suatu kecamatan tersebut.
Penerapan sistem informasi geografis ini bermanfaat untuk memberikan informasi letak wilayah-wilayah kecamatan dari Kabupaten Kediri serta mengetahui beberapa lahan jenis tanaman yang terdapat di Kecamatan tersebut, dan memberikan informasi produksi hasil panennya dari tiap-tiap kecamatan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-09-02