IMPLEMENTASI TEKNIK DATA MINING PADA DATA KUNJUNGAN WISATAWAN MENGGUNAKAN K-MEANS CLUSTERING DI HOTEL BINTANG KOTA CIREBON

  • Sepia Wulandari Teknik Informatika, STMIK IKMI Cirebon
  • Rini Astuti Teknik Informatika, STMIK IKMI Cirebon
  • Fadhil M. Basysyar Teknik Informatika, STMIK IKMI Cirebon
Keywords: Kota Cirebon, Hotel, Wisatawan, Data Mining, K-Means

Abstract

Kota Cirebon kini juga disebut sebagai “kota wisata” dan memiliki berbagai tempat wisata yang menarik. Hotel merupakan jenis fasilitas akomodasi yang menyediakan berbagai layanan seperti tempat menginap, makanan, dan layanan lainnya untuk sementara kepada masyarakat umum dan dijalankan secara komersial. Dinas Kebudayaan dan Pariwisata seringkali mengalami permasalahan karena belum melakukan pemetaan kunjungan tamu hotel sehingga berdampak pada pengelolaan hotel bintang di kota cirebon. Untuk mengatasi masalah ini  maka digunakan data kunjungan wisatawan dari januari hingga desember tahun 2021 bersumber dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Cirebon menggunakan teknik penerapan data mining untuk mengelola informasi data kunjungan wisatawan di hotel bintang di Kota Cirebon menggunakan K-Means Clustering. Kemudian, Validasi hasil klasterisasi dapat dilakukan menggunakan Davies Bouldin Index (DBI). Berdasarkan hasil pengelompokan pada RapidMiner menggunakan algoritma k-means, data dikelompokan menjadi 7 kelompok. Kelompok 3 merupakan tingkat dengan kunjungan wisatawan paling rendah, kelompok 1 merupakan tingkat dengan kunjungan wisatawan rendah 1, kelompok 6 tingkat dengan kunjungan wisatawan rendah 2, kelompok 0 merupakan tingkat dengan kunjungan wisatawan sedang, kelompok 4 merupakan tingkat dengan kunjungan wisatawan tinggi 1, kelompok 2 merupakan tingkat dengan kunjungan wisatawan tinggi 2 dan kelompok 5 merupakan tingkat dengan kunjungan wisatawan sangat tinggi. Oleh karena itu, dilakukannya penelitian mengenai penerapan data mining dengan jumlah wisatawan terbanyak yang ramai berkunjung dapat memberikan manfaat yang besar bagi manajemen hotel dan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Cirebon dalam meningkatkan fasilitas pelayanan yang lebih baik

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-03-27