APLIKASI PENGENALAN SENJATA TRADISIONAL INDONESIA MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID

  • Ayu Lutfi Novitasari Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: senjata tradisional Indonesia, Augmented Reality, Android

Abstract

Indonesia memiliki beragam kebudayaan salah satunya adalah senjata tradisional. Kebudayaan merupakan jati diri suatu bangsa yang harus dilestarikan. Salah satunya dengan menjadikan sejarah kebudayaan sebagai salah satu materi pembelajaran di sekolah. Namun dengan media terbatas dan cara mengajar yang monoton meyebabkan siswa tidak maksimal dalam menyerap ilmu pengetahuan. Saat ini kita membutuhkan metode yang dapat menunjang minat belajar siswa sekaligus untuk melestarikan kebudayaan Indonesia.
Augmented Reality adalah teknologi yang dapat menggabungkan dunia maya dan nyata yang diproyeksikan menggunakan ala elektronik secara real time. Dengan memanfaatkan teknologi AR untuk membuat aplikasi pengenalan senjata tradisional Indonesia menggunakan metode marker based tracking. Marker sendiri adalah image target untuk mengenali objek dan informasi.
Hasil penilitian ini berupa aplikasi pengenalan senjata tradisional Indonesia. Dengan tujuan sebagai media untuk meningkatkan minat belajar pelajar dan masyarakat umum serta untuk melestarikan kebudayaan khususnya senjata tradisional Indonesia. Aplikasi berbasis Android dengan pilihan 2 bahasa yaitu Indonesia dan Inggris. Aplikasi juga dilengkapi dengan guide book yang berisi deskripsi masing-masing senjata tradisional, peta letak geografis, dan marker. Marker yang terdeteksi akan menampilkan objek senjata tradisional masing-masng daerah dilengkapi dengan informasi dalam bentuk audio.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-09-02