IMPLEMENTASI DATA MINING POLA PEMBELIAN DOMINOS PIZZA MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI

  • Sandy Eka Permana Manajemen Informatika STMIK IKMI Cirebon
  • Ega Salsa Nugraha Sistem Informasi, STMIK IKMI Cirebon
  • Tineka Handayani Sistem Informasi, STMIK IKMI Cirebon
  • Ade Rizki Rinaldi Rekayasa Perangkat Lunak, STMIK IKMI Cirebon
Kata Kunci: Pola Pembeliaan Pizza, implementasi Data Mining, FP-Growth, Data Mining, Algoritma Apriori

Abstrak

Studi ini bertujuan untuk menerapkan teknik data experience menggunakan algoritma apriori dalam menganalisis pola pembelian domino pizza. metode apriori digunakan untuk mengidentifikasi agregat yang sering terjadi untuk mengidentifikasi faktor dalam transaksi, sehingga memungkinkan peneliti menimbang sampel untuk memilih menu yang bermanfaat.data yang digunakan dalam studi yang diperoleh dari website kaggle termasuk riwayat transaksi pelanggan pembelian domino pizza. masalah yang dihadapi  dominos pizza, tidak ada agregat penjualan di dominos pizza.untuk  meningkatkan keuntungan perusahaan.salah satu hal yang harus diketahui  dominos adalah pelanggan membeli pizza secara teratur.penerapan algoritma apriori ini harus memberikan efek yang berharga bagi perusahaan dominos pizza.tujuan penelitian ini adalah untuk memahami pembelian pizza dominos menggunakan pelajaran matematika apriori sehingga mendapatkan nilai dukungan dan kepercayaan terbaik menggunakan aplikasi rapidminer.hasil studi ini memiliki dukungan terbaik, yaitu spinach dan feta (brooklyn style) dengan nilai dukungan 0,30.untuk nilai kepercayaan pelengkap pembelian pizza terbaik jika anda membeli 6 pizza wisconsin keju, juga punya kesempatan membeli pizza crush crispy tipis dengan nilai trust 0.78.dari hasil ini dapat meningkatkan keuntungan usaha dominos pizza.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##
Diterbitkan
2024-02-22