ANALISIS SENTIMEN PADA ULASAN PRODUK PAKAIAN ZIRDIGO DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA NAIVE BAYES

  • Cep Lukman Rohmat Teknik Informatika, STMIK IKMI Cirebon
  • Rizky Tito Aprilianto Teknik Informatika, STMIK IKMI Cirebon
  • Fathurrohman Fathurrohman Teknik Informatika, STMIK IKMI Cirebon
  • Iin Iin Teknik Informatika, STMIK IKMI Cirebon

Abstrak

Teknologi informasi terus berkembang, mengubah cara berkomunikasi, model kerja, serta akses terhadap informasi. Bisnis modern sangat dipengaruhi oleh kemajuan informatika, dengan e-commerce menjadi salah satu contoh terkemuka dalam perubahan tersebut. Pendidikan juga menjalani perubahan, dengan pemanfaatan teknologi untuk pendidikan jarak jauh dan akses ke sumber daya pendidikan yang lebih luas. Selain itu, perkembangan pesat di bidang Informatika juga membuka peluang untuk penelitian dan analisis data yang lebih luas. Permasalahan dalam mengidentifikasi ulasan dapat menyebabkan kesalahan dalam mengevaluasi kualitas produk, yang pada akhirnya dapat berdampak pada keputusan konsumen. Oleh karena itu, penting untuk dapat mengidentifikasi dengan akurat apakah suatu ulasan bersifat positif atau negatif. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kualitas produk dan layanan pada produk pakaian Zirdigo. Metode penelitian yang digunakan adalah Sample Explore Modify Model&Access (SEMMA) dengan menggunakan data ulasan produk pakaian Zirdigo sebagai data latih dan uji. Penelitian ini akan menggunakan teknik analisis data dengan menggunakan algoritma Naive Bayes untuk melakukan klasifikasi sentimen pada ulasan produk pakaian Zirdigo. Hasil analisis sentimen pada ulasan produk pakaian Zirdigo dengan menggunakan algoritma Naïve Bayes menghasilkan accuracy sebesar 81.00%, precision 100% dan recall 80%.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##
Diterbitkan
2024-02-24