PENERAPAN METODE FINITE STATE MACHINE PADA GAME DREADMAN

  • Mukhammad Herlambang Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: game, dreadman, android, finite state machine, Unity3D

Abstract

Begitu maraknya pengguna game online multiplayer yang kini sudah tersebar luas dengan berbagai macam genre atau platform, tidak disangka bahwa perkembangan teknologi dan internet berbanding lurus dengan perkembangan industri game. Sehingga Game merupakan salah satu hiburan yang banyak digemari oleh semua kalangan baik anak-anak hingga dewasa. Game dikembangkan berbagai jenis dan salah satunya adalah permainan petualangan. Game Dreadman merupakan Game Adventure. Dimana game ini menceritakan tentang sebuah perjalanan seorang Dreadman yang sedang mencari jimbenya yang telah dicuri oleh zomblis. Zomblis sendiri merupakan pencuri yang telah mengambil jimbe Dreadman.
Dalam game ini penulis menggunakan game engine Unity3D sebagai tools untuk pembuatan game dengan JDK yang digunakan adalah versi 1.8.0, sedangkan SDK dengan minimum API 4.3 yaitu jelly bean. Dengan menerapkan kecerdasan buatan FSM(Finite State Machine). Dalam penelitian ini FSM diterapkan pada karakter enemy (Louvre) dan bos (Zombli, Brandon, freebird).
Berdasarkan pengujian user yang dilakukan terhadap 10 responden, user menyatakan bahwa sebanyak 80% tampilan game dreadman adalah cukup. Game dreadman telah diuji pada 5 sistem operasi android (jelly bean, kitkat, lollipop, marshmallow, nougat). Berdasarkan pengujian tersebut didapatkan bahwa game dreadman dapat berjalan dengan lancer dengan minimal RAM yang digunakan 2GB.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-09-02