PENGARUH STRATEGI DAN BUDAYA ORGANISASI DI E-COMMERCE DALAM STRATEGI BISNIS DAN ENTERPRISE RESOURCE PLANNING

  • Muhammad Rafli Alfarisqi Sistem Informasi, UPN "Veteran" Jawa Timur
  • Alfatur Rabbani Sistem Informasi, UPN "Veteran" Jawa Timur
  • Syarifah Nur Rahma Sistem Informasi, UPN "Veteran" Jawa Timur
  • Anita Wulansari Sistem Informasi, UPN "Veteran" Jawa Timur

Abstract

E-commerce telah menjadi komponen penting dalam strategi bisnis banyak perusahaan di era digital yang berubah dengan cepat. Keberhasilan strategi bisnis dalam e-commerce, tidak hanya dipengaruhi oleh faktor teknologi tetapi juga oleh budaya organisasi dan implementasi sistem seperti Enterprises Resource Planning (ERP) dan sistem serupa lainnya. Sejauh mana budaya organisasi dan strategi bisnis berkontribusi pada adopsi ERP yang efektif dalam konteks e-commerce masih menjadi misteri, terlepas dari kenyataan bahwa banyak perusahaan telah mengintegrasikan ERP dan strategi bisnis ke dalam operasi mereka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji bagaimana budaya dan strategi organisasi mempengaruhi instalasi ERP dan strategi bisnis dalam pengaturan e-commerce. Dalam penelitian ini, analisis kuantitatif dan analisis deskriptif menjadi metodologi studi yang digunakan. Informasi dikumpulkan dari berbagai e-commerce yang telah menggunakan ERP dan strategi bisnis. Hasil analisis menunjukkan bahwa budaya organisasi dan strategi bisnis memiliki peran utama dalam implementasi ERP di lingkungan e-commerce. Hasil ini dapat memberikan panduan yang berguna bagi perusahaan e-commerce untuk menciptakan strategi bisnis yang terintegrasi dengan budaya organisasi yang secara efektif mendukung penerapan ERP. Hasilnya, penelitian ini memajukan pengetahuan tentang bagaimana budaya organisasi dan strategi bisnis berinteraksi untuk memaksimalkan penggunaan teknologi, khususnya ERP, dalam konteks e-commerce.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-02-22