RANCANG BANGUN SISTEM MONITORING DAN KONTROLING PARKIR BERTINGKAT OTOMATIS BERBASIS ARDUINO DENGAN IMPLEMENTASI INTERNET OF THINK(IoT)

  • Yengki Maskurdianto Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Parkir gedung bertingkat, Arduino uno, Ultrasonik, Monitoring

Abstract

Parkir adalah berhenti dan ditinggalkannya kendaraan oleh pengendara untuk sementara waktu pada suatu ruang tertentu. Belakangan ini kebutuhan masyarakat terhadap tempat parkir semakin meningkat, hal ini disebabkan oleh semakin banyaknya masyarakat yang menggunakan mobil pribadi untuk menjalankan aktivitasnya, tidak terkecuali ketika pergi ke tempat-tempat umum dan juga gedung bertingkat. Terbatasnya informasi tentang ketersediaan lahan parkir menyebabkan pengunjung kesulitan untuk menentukan lokasi parkir kendaraan mereka.
Pesatnya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi komunikasi saat ini khususnya pada bidang internet of things sangat membantu meringankan pekerjaan manusia dalam berbagai hal. Pada system ini dibuat sistem monitoring dan kontroling parkir otomatis pada gedung bertingkat. Sistem dapat mengetahui mendeteksi kendaraan pada tiap lantai yang selanjutnya data dikirim ke database dan ditampilkan pada website.
Sistem Monitoring dan Kontroling parkir bertingkat berbasis arduino ini diharapkan dapat membantu kinerja para petugas tempat parkir dalam memonitor tempat parkir. Sistem ini juga berguna bagi pengunjung dan calon pengunjung untuk menentukan lokasi untuk parkir kendaraan pribadi milik mereka. Dengan system ini, pekerjaan menentukan lokasi parkir yang masih kosong dilakukan secara otomatis dengan menghitung jumlah kendaraan pada tiap lantai dan mengurangkan dengan kapasitas parkir perlantai dengan menggunakan sensor ultrasonik yang nantinya akan diproses oleh arduino uno dan data akan dikimkan dengan modul esp8266. Sistem ini juga dapat membatu pengelola dalam mengelola pendapatan parkir.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-09-02