RANCANG BANGUN GAME THE FARMER FEED ANIMALS MENGGUNAKAN METODE FINITE STATE MACHINE

  • Yusuf Wahid Ramadan Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Game, Unity3D, Algoritma Finite State Machine, Player

Abstract

Game genre adventure merupakan game petualangan fokus pada pemecahan teka-teki dalam kerangka naratif, umumnya dengan sedikit atau tanpa elemen aksi. Nama-nama populer lainnya untuk genre ini adalah "petualangan grafis" atau "petualangan titik-dan-klik", tetapi ini hanya mewakili sebagian dari rentang permainan yang jauh lebih luas dan beragam.
Dalam perancangan game ini menggunakan aplikasi sofware Unity 3D, Penulis dalam membuat game ini menerapkan metode kecerdasan buatan Algoritma Finite State Machine untuk merancang perilaku musuh. Penerapan metode Finite State Machine di gunakan pada proses alur kontrol permainan yang terdiri dari 3 level yang mana pemain menyelesaikan setiap level untuk dapat melanjutkan ke level selanjutnya.
Sistem menunjukkan bahwa game The Farmer Feed Animals dapat berjalan dengan baik minimal pada Windows 7, Windows 8, dan Windows 10. Fungsi yang terdapat Finite State Machine berjalan dengan baik dan sesuai, dan terdapat fungsi enemy follow yang gagal karena musuh tidak akan mengejar dan tetap di posisi output-nya.Semua tombol yang pada game sesuai dengan output-nya.Berdasarkan hasil pengujian koresponden yang menyatakan baik sebanyak 14%.yang menyatakan baik sekali 50% dan yang menyatakan cukup 36%.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-09-02