PENGUJIAN BLACK BOX PADA SISTEM INFORMASI STOK DAN PENJUALAN BERBASIS WEBSITE MENGGUNAKAN METODE EQUIVALENCE PARTITIONING

STUDI KASUS: CV. ALGANI KARYA MANDIRI

  • Arif Samdono Informatika, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Anggraini Puspita Sari Informatika, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Firza Prima Aditiawan Informatika, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur

Abstrak

Seiring dengan berkembang pesatnya teknologi dan informasi saat ini, teknologi memberikan kemudahan dan peranan yang sangat penting dalam berbagai bidang. Sistem termasuk salah satu teknologi dan informasi yang dapat memudahkan dalam memanajemen data, memanfaatkan data penjualan, atau meningkatkan produktifitas perusahaan. Sistem Informasi Stok dan Penjualan berbasis web pada CV. Algani Karya Mandiri merupakan bentuk teknologi yang memberikan kemudahan dan peranan penting dalam melakukan pengolahan data secara terkomputerisasi. Namun, aplikasi sistem informasi ini belum pernah dilakukan pengujian sehingga resiko terjadinya kesalahan sistem masih ada. Sehingga, sangatlah diperlukan melakukan pengujian untuk memastikan aplikasi sistem informasi stok dan penjualan yang sudah dikembangkan dapat berjalan sesuai fungsionalitas dan kebutuhan perusahaan.

Penelitian ini akan melakukan pengujian menggunakan metode Black Box Equivalence Partition pada Sistem Informasi Stok dan Penjualan CV. Algani Karya Mandiri yang bertujuan menguji kualitas dan akurasi dari sistem tersebut dengan mencari kesalahan yang ada. Evaluasi hasil pengujian menunjukkan tingkat efektivitas sebesar 91,87%, tetapi menemukan beberapa kekurangan pada fitur-fitur tertentu, terutama pada aspek input data barang dan akses edit yang terkunci. Meskipun nilai efektivitas sebesar 91,87% menunjukkan aplikasi sangat efektif, penelitian ini memberikan rekomendasi perbaikan yang terfokus untuk meningkatkan kualitas dan akurasi sistem informasi stok dan penjualan CV. Algani Karya Mandiri.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##
Diterbitkan
2024-03-26