DESAIN SISTEM INFORMASI PEMESANAN PAKET WISATA DENGAN METODE FRAMEWORK APPLICATION OF SYSTEM THINKING (FAST)
Abstract
Pemanfaatan teknologi informasi dapat diterapkan di berbagai sektor, termasuk pariwisata dan industri tour serta travel. Penting bagi perusahaan untuk menyajikan informasi secara efektif, karena informasi tersebut memainkan peran penting dalam perkembangan masa depan perusahaan. Saat ini, kegiatan pemasaran dan penyebaran informasi paket wisata masih terbatas karena mengandalkan sistem manual dengan media seperti pamflet dan iklan cetak. Dampak dari pendekatan ini adalah terbatasnya jangkauan pasar yang dapat dicapai, dan proses pencarian informasi paket wisata oleh calon wisatawan yang dilakukan secara langsung atau melalui telepon dianggap kurang efisien. Untuk mengatasi kendala-kendala tersebut, penulis menciptakan sistem informasi pemesanan paket wisata berbasis website. Tujuan utama sistem ini adalah mempermudah promosi usaha wisata dan mengelola data penjualan hingga pembuatan laporan. Desain sistem ini mengadopsi metode Framework Application of System Thinking (FAST). Dengan menggunakan metode ini dapat memahami masalah secara komprehensif, menemukan solusi yang efektif, mengurangi risiko kesalahan, meningkatkan kolaborasi, memfasilitasi perencanaan strategis, mendorong inovasi, meningkatkan efisiensi, dan mendukung pengambilan keputusan yang lebih baik dalam usaha pemesanan paket wisata