PENERAPAN ALGORITMA NAIVE BAYES TERHADAP PREFERENSI KONSUMEN PEMBELIAN BARANG DAN JASA DI D’BEAUTY LASH TEGAL

  • Dhelia Yui Saputri Komputerisasi Akuntansi, STMIK IKMI Cirebon
  • Agus Bahtiar Sistem Informasi, STMIK IKMI Cirebon
Keywords: preferensi konsumen, pembelian, algoritma naive bayes

Abstract

Penjualan merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan untuk mempertahankan pertumbuhan bisnis dan keuntungan yang diinginkan. Penjualan ada dua jenis yaitu penjualan jasa dan penjualan barang. Dari data yang diperoleh penjual perlu mengetahui faktor apa yang mempengaruhi konsumen dalam pembelian barang dan jasa secara online, dan langkah-langkah apa yang mungkin dapat diambil untuk meningkatkan penjualan secara online. Kesulitan dalam mengetahui faktor yang mempengaruhi konsumen untuk pembelian barang dan jasa secara online juga berpengaruh dalam mempromosikan barang dan jasa. Selain itu langkah-langkah yang diambil untuk terus meningkatkan penjualan barang dan jasa secara online juga sangat berpengaruh penting dalam penjualan di D’Beauty Lash Tegal. Maka dari itu. Metode yang akan diterapkan dalam penelitian ini yaitu dengan mengumpulkan data setelah itu mengolah data yang ada menggunakan algoritma naive bayes dengan fokus kepemesanan agar lebih tahu faktor yang mempengaruhi dan langkah-langkah yang dapat diambil dalam permasalahan tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi konsumen dan langkah-langkah yang dapat diambil untuk meningkatkan penjualan secara online agar dalam pemasarannya lebih banyak menarik konsumen. Hasil penelitian yang didapatkan 96.30% konsumen lebih memilih pembelian secara online dengan faktor yang mempengaruhi konsumen untuk pembelian secara online yaitu karena banyaknya potongan harga yang cukup menggiurkan. Langkah-langkah yang dapat diambil untuk meningkatkan penjualan secara online yaitu dengan mempromosikan penjualan dengan cara yang lebih menarik, seperti memberikan diskon yang menggiurkan, dan juga dapat mempertahankan pelayanan yang telah diberikan kepada konsumen kemudian dapat ditingkatkan lagi pelayanan yang telah diberikan kepada konsumen.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-04-02