ANALISIS PENGARUH POLA PENJUALAN DENGAN MENGGUNAKAN FREQUENT PATTERN GROWTH DI TOKO AZZAHRA SNACK

  • Nazwa Alkatiri Manajemen Informatika, STMIK IKMI Cirebon
  • Irfan Ali Rekayasa Perangkat Lunak, STMIK IKMI Cirebon
Keywords: FP-Growth, KDD, Confidence, Penjualan, Market Basket Analisys

Abstract

Dalam bisnis yang berkembang pesat, peran teknologi informasi sangat penting. Analisis belanja keranjang pasar (Market Basket Analysis) menggunakan algoritma FP-Growth telah menjadi metode yang relevan untuk memahami pola transaksi penjualan. Penelitian ini bertujuan menganalisis pola transaksi di Toko Azzahra Snack dengan menerapkan algoritma FP-Growth. Data Mining dengan algoritma FP-Growth digunakan untuk menemukan pola kombinasi hubungan antar item-set melalui Association Rules. Hasil analisis dapat membimbing manajemen stok produk yang kurang diminati, melalui tahapan Knowledge Discovery in Database (KDD) yang melibatkan Data Selection, Data Cleaning, Transformation Data, Data Mining, dan Interpretation atau Evaluation. Eksperimen pertama mengungkapkan empat item makanan paling sering dibeli oleh pelanggan: Lemper, Dimsum, Combro, dan Donat. Eksperimen kedua menunjukkan lima item makanan yang sering dibeli, termasuk Putu Ayu. Rules Support (X,Y) menunjukkan Support dan Confidence tertinggi untuk masing-masing item, memberikan wawasan untuk mengoptimalkan penjualan pada makanan yang diminati pelanggan. Berdasarkan hasil eksperimen, Association Rules pada 4 item makanan pertama dan 5 item makanan kedua dapat mengoptimalkan penjualan pada produk yang sering dibeli pelanggan, dengan Support dan Confidence tertinggi untuk setiap item.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-04-02