IMPLEMENTASI ALGORITMA FP-GROWTH UNTUK REKOMENDASI PENJUALAN ATK BERDASARKAN POLA PEMBELIAN DI CV. DAPAS RANCAEKEK

  • Zita Lisyana Komputerisasi Akuntansi, STMIK IKMI Cirebon
  • Nining Rahaningsih Komputerisasi Akuntansi, STMIK IKMI Cirebon
  • Irfan Ali Teknik Informatika, STMIK IKMI Cirebon
Keywords: Assosiasi, Penjualan, FP-Growth

Abstract

Seiring dengan berkembangnya zaman manusia sebagai pemakai teknologi tanpa lelah terus memperbaiki dan memperbaharui teknologi agar sesuai dengan apa yang diharapkan, yaitu untuk mempermudah aktivitas manusia itu sendiri sehingga teknologi dapat menembus batas-batas ruang dan waktu. Salah satu item yang dapat digunakan untuk menginformasikan pilihan perusahaan adalah data transaksi penjualan..Maka dari itu diterapkan Algoritma FP-Growth untuk menetapkan informasi transaksi yang mucul paling sering atau di beli bersamaan di CV.Dapas Rancaekek. Penerapan metode Pencarian kumpulan data yang paling sering muncul (frequent itemset) dalam suatu pengumpulan data dapat dilakukan dengan menggunakan pendekatan alternatif yang disebut Pattern Growth (FP-Growth). Setelah dipahami dari Standar di atas, maka dapat disimpulkan bahwa pembeli pada umumnya akan membeli barang-barang yang saling berhubungan seperti pada: Dengan nilai Support sebesar 0,004% dan nilai Confidence sebesar 100%, maka konsumen juga akan membeli barang-barang yang saling berhubungan seperti pada: membeli Duplex 310 jika membeli Foodpak Glossy 260. Perhitungan FP-Growtht dapat membantu Perusahaan dalam memeriksa desain Pembelian akuisisi produk yang biasa dibeli  secara bersamaan,sehingga tidak akan terjadi kekurangan stok.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-04-02