PERANCANGAN UI/UX APLIKASI FISHLINE MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING

  • Alfian Nurlifa Teknik Informatika, Universitas PGRI Ronggolawe
  • Aurora Maharani Dewi Teknik Informatika, Universitas PGRI Ronggolawe
  • Andy Haryoko Teknik Informatika, Universitas PGRI Ronggolawe
Keywords: Design Thinking, User Experience, SUS, UEQ-S, e-groceries

Abstract

Daerah Tuban terletak di pesisir pantai utara memiliki potensi minapolitan yang strategis. Namun pemasaran hasil tangkap ikan masyarakat masih menggunakan cara tradisional, dimana hanya sebatas menjual di TPI atau ke tengkulak. Metode pemasaran secara tradisional tersebut memberikan permasalahan tersendiri bagi para nelayan berupa kestabilan harga ikan. Oleh karena itu perlu adanya pemasaran produk ikan secara online agar dapat memfasilitasi konsumen yang mobilitasnya terbatas. Penelitian ini merancang UI/UX Aplikasi Fishline dengan menggunakan metode Design Thinking, yang bertujuan untuk membawa inovasi dalam cara pemasaran ikan yang ada di daerah Tuban. Penelitian ini mencakup tahap identifikasi masalah, pengembangan prototype, dan evaluasi dengan melibatkan pengguna potensial. Penelitian ini menggunakan metode Design Thinking, dengan menggunakan pengujian System Usability Scale (SUS) dan Short User Experience Questionnaire (UEQ-S). Hasil SUS pada prototype aplikasi Fishline untuk Admin mendapatkan nilai 78 sedangkan hasil SUS prototype aplikasi Fishline untuk Pengguna mendapatkan nilai 77,5 yang berarti hasilnya dapat diterima. Hasil dari pengujian UEQ-S prototype aplikasi Fishline untuk halaman Admin menunjukkan skala Pragmatic Quality sebesar 2,4, Hedonic Quality sebesar 1,9, dan Overall sebesar 2,15, sedangkan bagian halaman Pembeli memiliki skala Pragmatic Quality sebesar 2,45, Hedonic Quality sebesar 1,95, dan Overall sebesar 2,2. Dapat disimpulkan bahwa hasil pengujian prototype pada aplikasi Fishline berdasarkan SUS dapat diterima dan berdasarkan hasil UEQ-S mendapatkan nilai “Excellent”.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-02-05