ANALISIS USER EXPERIENCE PADA FITUR PEMBAYARAN QRIS MENGGUNAKAN METODE USER QUESTIONNAIRE (UEQ)

  • Gita Oktavia Sistem Informasi, Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Apriade Voutama Sistem Informasi, Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Azhari Ali Ridha Sistem Informasi, Universitas Singaperbangsa Karawang
Keywords: User Experience, User Experience Questionnaire, QRIS.

Abstract

Pembayaran elektronik telah menjadi tren dominan dalam dunia keuangan modern, memfasilitasi transaksi yang cepat, mudah, dan aman. Dalam konteks Indonesia. Quick Response Code yang sering disebut QRIS merupakan fitur pembayaran yang menggunakan metode barcode Bank Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis perubahan pengalaman pengguna (User Experience) dengan menggunakan metode User Experience Questionnaire (UEQ). Ambang batas reliabilitas penelitian ini ditentukan dengan menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ) yang mencakup enam kriteria penilaian: daya tarik (Attractiveness), efisien (Efficiency), kejelasan (Perspicuity), ketepatan (Dependability), Stimulasi (Stimulation), dan kebaruan (Novelty). Data yang dikumpulkan melalui google formulir dengan respon yang dapat digunakan dari 15 responden. Responden merupakan subjek atau orang yang diduga menggunakan fitur QRIS. Hasil kuesioner User Experience Questionnaire (UEQ) menghasilkan skor 0,8. Dalam hal ini, rata-rata impresi lebih dari 0,8 menunjukkan peringkat positif bahwa responden memiliki sikap positif terhadap fitur pembayaran QRIS.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-04-19