PENERAPAN POLA PENJUALAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE ALGORITMA ASOSIASI FP-GROWTH BERTUJUAN UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN KOPI DI POINT COFFEE

  • Ita Juwita Manajemen Informatika, STMIK IKMI Cirebon
  • Irfan Ali Rekayasa Perangkat Lunak, STMIK IKMI Cirebon
Keywords: Asosiasi, FP-Growth, Point Caffee

Abstract

perkembangan industri kafe, dengan fokus pada keterlibatan Point Caffee, yang menghadapi penurunan tingkat penjualan di tengah persaingan sengit. Perubahan preferensi konsumen, ketatnya persaingan, dan dinamika pasar yang cepat menjadi konteks utama dalam penelitian ini.Tantangan utama yang dihadapi Point Caffee adalah menanggapi perubahan preferensi konsumen dan bersaing dalam pasar yang dinamis. Penurunan penjualan menjadi isu kritis yang perlu diatasi.Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan daya saing dan kepercayaan konsumen Point Caffee melalui penerapan algoritma asosiasi fp-growth pada transaksi penjualan kopi. Fokusnya adalah mengidentifikasi pola pembelian yang signifikan untuk memperkuat strategi penjualan. Metode fp-growth digunakan untuk menganalisis transaksi penjualan, mengungkap kombinasi produk dengan korelasi tinggi. Keberhasilan strategi penjualan dievaluasi dengan mengukur tingkat korelasi dan kepercayaan dari kombinasi produk yang diidentifikasi.Temuan menunjukkan beberapa kombinasi produk dengan korelasi tinggi, seperti Caramel Macchiato, Flate White, Caffee Dolce, dan Roselle. Kombinasi produk lainnya, seperti Black Tea, Matcha, Cappuccino, dan Mocca, juga memiliki hubungan sangat kuat. Dengan mempertimbangkan hasil ini, Point Caffee dapat memperkuat strategi penjualan dan meningkatkan potensi penjualan melalui paket atau promosi bersama.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-04-03