IMPLEMENTASI ALGORITMA X-MEANS UNTUK MENGELOMPOKAN PENJUALAN BARANG DI CILEDUG STORE

  • Tanti Tanti Komputerisasi Akuntansi, STMIK IKMI Cirebon
  • Fadhil M Basysyar Sistem Informasi, STMIK IKMI Cirebon
Keywords: Penjualan, X-Means, Data Mining

Abstract

Dalam menghadapi era mobilitas yang semakin berfokus pada keberlanjutan, kendaraan listrik, khususnya sepeda listrik, muncul sebagai solusi inovatif untuk mendukung masa depan transportasi yang ramah lingkungan. Perusahaan Ciledug Store memiliki kebutuhan untuk memahami pola penjualan sepeda listrik agar dapat mengoptimalkan strategi pemasaran dan persediaan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengelompokkan penjualan barang menggunakan algoritma X-Means, dengan fokus pada kendaraan listrik. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan algoritma X-Means dalam mengelompokkan penjualan sepeda listrik berdasarkan data penjualan di Perusahaan Ciledug Store. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan yang berharga terkait preferensi konsumen terhadap jenis sepeda listrik berdasarkan karakteristik baterai. Penelitian ini menggunakan pendekatan Knowledge Discovery In Database dengan menggunakan Algoritma X-Meansuntuk mengelompokkan data penjualan, mengatasi kendala K-Means clustering terkait jumlah cluster yang perlu diketahui sebelumnya. Penelitian ini mencakup periode September-Desember 2023 dengan total 472 data penjualan. Penerapan algoritma X-Means menghasilkan empat cluster. Cluster 0, dengan 451 data produk yang terjual, menunjukkan bahwa sepeda listrik berbaterai 48V/12Ah termasuk dalam kategori laris. Sementara Cluster 1 (13 data), Cluster 2 (2 data), dan Cluster 3 (6 data) menunjukkan sepeda listrik dengan baterai 48V/20Ah, 72V/20Ah, dan 36V/12Ah masuk dalam kategori kurang laris. Davies Bouldin Score yang dihasilkan sebesar 0,220.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-04-03