ANALISIS ASOSIASI FP-GROWTH UNTUK MENINGKATKAN EFISIENSI PEMILIHAN PRODUK FROZEN FOOD DI TOKO ANEKA FROZEN FOOD JOSEF FAMILY

  • Eva Andini Manajemen Informatika, STMIK IKMI Cirebon
  • Martanto Martanto Manajemen Informatika, STMIK IKMI Cirebon
Keywords: Data Mining, Asosiasi, FP-Growth

Abstract

Di era pertukaran yang semakin cepat, banyak toko serba ada yang terus berupaya meningkatkan kemampuan dalam penentuan barang. Dengan menggunakan metode FP-Growth, diharapkan dapat ditemukan pola pembelian produk yang dapat memberikan wawasan berharga mengenai hubungan antar produk, sehingga toko dapat mengatur letak produk secara strategis untuk meningkatkan daya tarik dan kemudahan akses bagi pelanggan. Selain itu, analisis asosiasi FP-Growth juga diharapkan dapat membantu dalam pengelolaan inventaris dan perencanaan promosi produk yang lebih efektif. Dipercaya bahwa penelitian dengan judul ini akan memudahkan Toko Frozen Food Josef Family untuk memperoleh informasi penawaran makanan beku bila diperlukan. teknik penelitian dengan perhitungan afiliasi pengembangan fp- growth. Berdasarkan hasil yang didapat dari graph dan description menunjukkan hasil yang tidak sama, asosiasi dari yang terendah hingga tertinggi. Berikut beberapa hasil yang sudah mencapai 100%, Jika membeli Bakso Sapi, Sosis Bakar, Cheese Dumpling maka tingkat kemungkinan akan membeli Sosis Sapi adalah 100%. Dari hasil diatas dapat disimpulkan bahwa implementasi algoritma FP-Growth pada data penjualan frozen food dapat membantu dalam menentukan pola penjualan frozen food di Toko Aneka Frozen Food Josef Family. ditemukan beberapa aturan asosiasi menggunakan nilai minimum support 0.16 dan minimum confidence 0.8

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-04-19