RANCANG BANGUN SISTEM PENJUALAN BERBASIS WEB PADA TOKO HAIRUM SOUVENIR

  • Agnes Faujia Komputerisasi Akuntansi, STMIK IKMI Cirebon
  • Gifthera Dwilestari Sistem Informasi, STMIK IKMI Cirebon
  • Ryan Hamonangan Teknik Informatika, STMIK IKMI Cirebon
  • Rulli Herdiana Teknik Informatika, STMIK IKMI Cirebon
  • Willy Prihartono Komputerisasi Akuntansi, STMIK IKMI Cirebon
Keywords: Penjualan, Souvenir, Sistem Informasi

Abstract

Setiap  usaha,  baik  yang  menjual  barang  atau  jasa,  pasti  ingin  meningkatkan  penjualan  mereka.  Strategi  pemasaran  yang  baik  adalah  salah  satu  dari  banyak  cara  untuk  meningkatkan  penjualan.  Suatu  media  diperlukan  untuk  mempublikasikan  informasi,  baik  informasi  tentang  bisnis  maupun  informasi  tentang  produk  yang  akan  dijual.  Internet  adalah  salah  satu  media  yang  dapat  digunakan.  Toko  souvenir  Hairum  Soevenir  menjual  berbagai  hadiah  atau  hadiah  untuk  perayaan  ulang  tahun  atau  wisuda,  seperti  bucket  bunga,  bucket  uang,  kue  tart,  dan  masih  banyak  lagi..  Salah  satu  masalah  dan  kelemahan  yang  ditemukan  di  toko  Hairum  Soevenir  adalah  sebagai  berikut:  berdasarkan  observasi  yang  telah  dilakukan,  strategi  pemasaran  yang  digunakan  oleh  toko  Hairum  Soevenir  saat  ini  adalah  melalui  pemasaran  langsung  atau  penjualan  produk  secara  online  melalui  platform  Instagram,  yang  dianggap  kurang  sempurna  karena  mekanisme  pemasaran  barang  bekas  tidak  berlaku.  Namun,  pemasaran  yang  dijual  melalui  platform  tersebut  dapat  memiliki  efek  yang  lebih  besar  daripada  yang  diharapkan.  Pemasaran  menggunakan  platform  juga  memiliki  masalah  dengan  rekepitulasi  pendapatan  dari  setiap  pembelian  yang  dilakukan  secara  manual,  yang  menyebabkan  kesalahan  dalam  penjumlahan  pendapatan.  Sistem  informasi  penjualan  dibuat  karena  banyaknya  masalah  dengan  penjualan  toko  hairum  souvenir.  Pengembangan  perngkat  lunak  menggunakan  metode  air  terjun  (Waterfall),  sedangkan  perancangan  sistem  penjualan  dan  metode  wawancara  digunakan  untuk  pembuatan  website  ini.  Metode  ini  melibatkan  analisis  masalah  penjualan  di  toko  Hairum  Souvenir,  analisis  kebutuhan  pemasaran,  perancangan  sistem  informasi,  dan  implementasi  atau  pengembangan  pengujian  perangkat  lunak.  untuk  pemograman  dengan  PHP,  Javascript,  dan  CSS  dan  XAMPP  sebagai  databasenya.  Beberapa  tujuan  penelitian  ini  termasuk  membuat  proses  penjualan  lebih  efisien  dan  membuat  transaksi  lebih  aman.  Salah  satu  tujuan  dari  penelitian  ini  adalah  untuk  meningkatkan  efisiensi  proses  penjualan  dan  membuat  transaksi  lebih  aman.  Hasilnya  menunjukkan  bahwa  perancangan  sistem  informasi  ini  dapat  menggantikan  pemasaran  konvensional  dengan  yang  lebih  modern,  lebih  efisien,  dan  lebih  mudah  digunakan  untuk  sistem  pencataan  rekapitulasi  penjualan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-04-26