OPTIMASI POLA PENJUALAN DI TOKO KELONTONG SUMBER REJEKI BANDUNG MELALUI ANALISIS ASOSIASI DENGAN ALGORITMA FP-GROWTH

  • Annisa Sofialaela Komputerisasi Akuntansi, STMIK IKMI Cirebon
  • Nining Rahaningsih Komputerisasi Akuntansi, STMIK IKMI Cirebon
  • Irfan Ali Rekayasa Perangkat Lunak, STMIK IKMI Cirebon
Keywords: Asosiasi, Pola Penjualan, FP-Growth

Abstract

Penelitian ini berjenis eksperimental dengan desain Algoritma Fp-Growth. Penelitian ini bertujuan mengetahui optimasi pola penjualan toko kelontong berdasarkan data dari transaksi penjualan toko. Tren perusahaan saat ini memerlukan pemahaman menyeluruh tentang taktik pemasaran dan tren penjualan. Menjual kebutuhan sehari-hari adalah bisnis Toko Kelontong Sumber Rejeki. Cross-selling, atau menyediakan produk terkait dengan produk yang dibeli, adalah salah satu taktik bisnis yang dapat digunakan untuk meningkatkan penjualan. Dengan meneliti hubungan antara produk yang sering dibeli, penelitian ini berusaha untuk memahami pembelian konsumen. Data transaksi Toko Kelontong Sumber Rejeki selama setahun, terdiri dari 1.290 baris dan 6 atribut, digunakan dalam penyelidikan ini. Menggunakan algoritma Frequent Pattern Growth (FP-Growth) dan pendekatan data mining asosiasi, metodologi penelitian terdiri dari beberapa tahap: mengumpulkan data transaksi penjualan, memilih atribut terkait, melakukan preprocessing data, membuat dataset asosiasi, dan menilai pola yang muncul. memanfaatkan kepercayaan diri minimum dan nilai dukungan minimum untuk mengidentifikasi pola hubungan. 14 aturan asosiasi dengan 14 produk pembentuk dibuat berdasarkan temuan pengujian, menggunakan nilai minimum 0,2 untuk dukungan dan nilai minimum 0,3 untuk kepercayaan. Algoritme FP-Growth dapat digunakan untuk membuat aturan asosiasi yang memfasilitasi strategi penjualan lintas penjualan dengan menawarkan data komprehensif tentang pola pembelian produk pelanggan yang memiliki probabilitas keberhasilan yang tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-04-18