PENERAPAN METODE FINITE STATE MACHINE PADA GAME 2D “ADVENTURE OF RUVY FOX” BERBASIS ANDROID

  • Iva Roudhotul Rohmah Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
  • Febriana Santi Wahyuni Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
  • Renaldi Prismaswara Prasetya Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang

Abstract

Berkembangnya teknologi komputer telah mengubah industri permainan komputer, menawarkan pengalaman bermain game yang lebih menarik dan interaktif. Pets Adventure adalah sebuah game side-scrolling yang masih menghadapi banyak tantangan, termasuk kurangnya respon musuh terhadap pemain dan kurangnya misi dalam game. Penelitian ini menggunakan metode Finite State Machine (FSM) untuk meningkatkan pengalaman bermain game. FSM dipilih karena dapat memudahkan pengambilan keputusan dan tindakan dalam game melalui sistem kontrol yang menggambarkan perilaku karakter dan musuh. Penulis merancang game Adventure of Ruvy Fox yang menceritakan tentang petualangan seekor rubah menjaga keseimbangan alam dengan melawan monster-monster perusak lingkungan. Pada pengujian aplikasi ini menggunakan metode System Usability Scale, dengan 27 responden memberikan tanggapan positif dengan skor rata-rata 68,79. Hasil penilaian menunjukkan bahwa kegunaan game Adventure of Ruvy Fox dinilai cukup baik sesuai dengan skala grade C.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-03-31