PERANCANGAN GAME ANDROID BRING BACK THE SCROLL MENGGUNAKAN METODE FSM(Finite State Machine)

  • Michael Hendra Nata Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
  • Joseph Dedy Irawan Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
  • Hani Zulfia Zahro’ Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang

Abstract

Game atau permainan adalah sesuatu yang dapat dimainkan dengan aturan tertentu sehingga ada yang menang dan ada yang kalah, biasanya dalam konteks tidak serius atau dengan tujuan refreshing. Metode FSM (Finite State Machine) digunakan untuk membuat kecerdasan Musuh atau NPC (Non Player Character) digame Bring Back The Scroll. FSM (Finite State Machine) adalah suatu metode perancangan sistem yang mengatur tindakan atau cara kerja dari suatu sistem yang mengacu pada 3 hal yaitu : state (keadaaan), event (kejadian), dan action (aksi). Game Bring Back The Scroll merupakan game berbasis android bergenre petualangan (Adventure) dan menggunakan grafis 2 dimensi. Hasil dari penelitian ini adalah terciptanya game Bring Back The Scroll dengan menggunakan metode finite state machine untuk mengontrol respon non player character terhadap pemain. Setelah melakukan pengujian kecerdasan buatan menggunakan metode Finite State Machine (FSM) pada Non Player Character (NPC) dapat disumpulkan bahwa pengujian kecerdasan buatan berhasil dengan presentase 100 % berjalan dengan Baik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-03-31