ANALISIS SENTIMEN PADA ULASAN PENGGUNA APLIKASI CANVA MENGGUNAKAN ALGORITMA NAÏVE BAYES

  • Cep Lukman Rohmat Teknik Informatika, STMIK IKMI Cirebon
  • Rini Rosdiana Ningsih Teknik Informatika, STMIK IKMI Cirebon
  • Ade Rizki Rinaldi Teknik Informatika, STMIK IKMI Cirebon
  • Fatturohman Fatturohman Teknik Informatika, STMIK IKMI Cirebon
Keywords: Analisis Sentimen, Canva, Algoritma Naive Bayes

Abstract

Di era digital saat ini, penggunaan aplikasi mobile semakin meluas dan populer. Karena itu, memahami tingkat kepuasan dan ketidakpuasan pengguna dalam menggunakan aplikasi tersebut menjadi suatu hal yang krusial. Kemajuan pesat dalam bidang Informatika telah memberikan dampak signifikan pada berbagai aspek kehidupan, seperti teknologi, bisnis, pendidikan, dan sebagainya.Ulasan menjadi sumber informasi penting bagi pengembang untuk mengetahui keluhan dari para pengguna aplikasi canva. Dilihat dari review google playstore terdapat komentar yang negatif sehingga hal ini dapat menyebabkan kepercayaan terhadap aplikasi tersebut, kalimat negatif itu dapat di klasifikasi dengan menggunakan algoritma Naïve Bayes. Algoritma Naive Bayes diaplikasikan untuk mengklasifikasikan ulasan pengguna ke dalam kategori positif atau negatif. Dari hasil penelitian terhadap analisis sentimen pengguna aplikasi canva ke dalam kategori positif dan negatif yang mana data diambil melalui hasil scrapping di ambil sejak tanggal 10 November 2023 data diambil sebanyak 2500 data teks didapatkan hasil klasifikasi sentimen positif sebanyak 2110 dan sentimen negatif sebanyak 122 data teks artinya pengguna banyak memberikan komentar positif terhadap aplikasi canva, namun tidak sedikit juga pengguna memberikan komentar negatif terhadap aplikasi canva. Dan hasil klasifikasi menggunakan metode naïve bayes didapatkan hasil accuracy sebesar 85,75% , precision 95,91% dan recall 88,80%.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-04-26