ANALISIS SENTIMEN PENGGUNA TERHADAP APLIKASI BLU BCA DI PLAYSTORE MENGUNAKAN ALGORITMA NAÏVE BAYES

STUDI KASUS SENTIMEN PENGGUNA TERHADAP PENGALAMAN APLIKASI BLU BCA

  • Wahyudi Wahyudi Teknik Informatika, STMIK IKMI Cirebon
  • Rudi Kurniawan Rekayasa Perangkat Lunak, STMIK IKMI Cirebon
  • Yudhistira Arie Wijaya Sistem Informasi, STMIK IKMI Cirebon

Abstract

Dalam era digital saat ini, aplikasi perbankan dan dompet digital telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari, memfasilitasi berbagai transaksi keuangan. Ulasan pengguna Blu BCA di platform Play Store dan Apps Store mengindikasikan kepuasan umum, walaupun terdapat beberapa permasalahan yang perlu diperhatikan. Meskipun mayoritas ulasan bersifat positif, sejumlah keluhan muncul terkait kinerja aplikasi dan keamanan data. Oleh karena itu, penelitian ini menggunakan metode analisis sentimen dengan algoritma Naive Bayes untuk mengklasifikasikan ulasan pengguna sebagai positif atau negatif. Data diambil dari Google Play Store melalui web scraping. Hasil penelitian menunjukkan bahwa algoritma Naive Bayes mampu mengklasifikasikan sentimen pengguna dengan akurasi tinggi yaitu sebesar 85,31%. Meskipun mayoritas ulasan positif, beberapa pengguna mengungkapkan harapan peningkatan performa dan keamanan data. Penelitian ini memberikan wawasan berharga bagi pengembang aplikasi perbankan mobile, memungkinkan mereka memahami perspektif pengguna dan meningkatkan kualitas aplikasi. Fokus pengembangan dapat ditempatkan pada peningkatan performa dan penguatan aspek keamanan guna meningkatkan kepuasan pengguna Blu BCA

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-05-02