PERANCANGAN DAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY (AR) MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS KELAS IX SMPN 5 SIJUNJUNG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas, praktikalitas, dan efektivitas media pembelajaran berbasis Augmented Reality (AR) pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan (Research & Development). Subjek penelitian berjumlah 75 orang. Model penelitian yang digunakan adalah model IDI (Instructional Development Institute). Dengan model pendekatan sistem yang meliputi tiga tahapan, yakni: Penentuan (Define), Pengembangan (Development), Evaluasi (Evaluation). Hasil uji validitas oleh ahli terhadap aplikasi Media Pembelajaran berbasis Augmented Reality (AR) Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas IX SMPN 5 Sijunjung sangat valid digunakan karena sudah dilakukan uji penelitian tiga orang validator dengan hasil rata-rata pada pengujian validator yaitu 90.67%. Hasil penelitian secara keseluruhan penilaian ujiĀ kepraktisan terhadap media pembelajaran berbasis Augmented Reality (AR) mata pelajaran Bahasa Inggris sebesar 95.55% sehingga tingkat kepraktisan dapat diinterprestasikan sangat praktis digunakan dan hasil penelitian secara keseluruhan penilaian uji keefektifan terhadap media pembelajaran berbasis Augmented Reality (AR) mata pelajaran Bahasa Inggris sebesar 92.48% sehingga tingkat keefektifan dapat diinterprestasikan sangat baik. Berdasarkan penilaian dan masukan para ahli, serta hasil uji coba lapangan, media pembelajaran berbasis Augmented Reality (AR) terbukti sangat valid, sangat praktis, dan sangat baik untuk digunakan dalam proses pembelajaran Bahasa Inggris kelas IX SMPN 5 Sijunjung