IMPLEMENTASI DATA MINING PADA PENJUALAN MAKANAN DAN MINUMAN MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI PADA TOKO ONLINE AYAM GEPREK X

  • Salsabila Salsabila Teknik Informatika, STMIK IKMI Cirebon
  • Rini Astuti Teknik Informatika, STMIK IKMI Cirebon
  • Fadhil Muhamad Basysyar Teknik Informatika, STMIK IKMI Cirebon
Keywords: Data Mining, Makanan, Minuman, Support,Confidence, Algoritma Apriori

Abstract

Ayam geprek x adalah toko online yang menjual produk makanan dan minuman lewat aplikasi shope lebih tepatnya dishopefood. Toko online tersebut berlokasi di Kecamatan Lemah Abang lebih tepatnya di Desa Tuk Karangsuwung. Dengan sistem penjualan tersebut tentu meningkatkan tingkat penjualan makanan dan minuman yang kadang tinggi dan kadang juga rendah, sehingga membutuhkan sebuah sistem yang mampu memudahkan dalam merekapitulasi pembelian dari konsumen. Untuk itu dilakukan penelitian ini guna menganalisa data transaksi penjualan makanan dan minuman tersebut menggunakan teknik data mining. Data Mining ialah teknik analisa pada data untuk mencari informasi yang tersembunyi pada beberapa data besar yang dicatat pada saat bisnis yang dijalankan. Algoritma yang dipakai algoritma apriori yaitu mendapatkan accosiation rule dari setiap kombinasi item. Berdasarkan pengujian yang telah dilakukan  dishoftware rapidminer dengan menggunakan minimum support 50% dan minimum confidence 70% dapat diketahui hasil min support dan confidence yang paling terbesar dari data yang ada yaitu menu makanan ayam geprek dengan nilai min support 47% dan nasi min support 42%, Dan jika membeli tempe.t.g maka akan membeli nasi dengan nilai confidence 70% dan jika membeli milk.p.o maka akan membeli nasi dengan nilai confedence 72%. Setelah sudah mengetahui hasil min support dan confidence yang paling terbesar maka dapat diketahui stok yang tadinya sering tidak mampu memenuhi permintaan pelanggan, dengan menggunakan sistem tersebut dapat mengalami pengoptimalan dalam memperkirakan persediaan stoknya dilihat makanan apa saja yang sering terjual. Peningkatan terjadi karena perhitungan dan kondisi penentuan produk jauh lebih akurat dari pada ketika diputuskan oleh manusia.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-04-18