PENGEMBANGAN PERMAINAN EDUKASI INTERAKTIF UNTUK ANAK PADA MATA PELAJARAN MATEMATKA BERBASIS MOBILE MENGGUNAKAN METODE ADDIE

  • Riko Dwi Saputra Teknik Informatika, Institut Informatika Dan Bisnis Darmajaya
  • Yuni Arkhiansyah Teknik Informatika, Institut Informatika Dan Bisnis Darmajaya
Keywords: Pendidikan, Game Edukasi, Matematika, metode addie

Abstract

Kemajuan teknologi saat ini telah mengalami perkembangan pesat yang terus meningkatkan minat pengguna agar tetap tertarik dan tidak bosan menggunakan teknologi, termasuk dalam konteks pendidikan. Teknologi memainkan peran penting dalam perkembangan ilmu pengetahuan, dan pendidikan dianggap sebagai wadah yang penting dalam membentuk individu yang berkualitas dan berwawasan luas, serta memotivasi mereka untuk meningkatkan kemampuan berpikir dan menghadapi kehidupan secara lebih baik. Media pembelajaran berfungsi sebagai perantara yang menyampaikan informasi dan pesan-pesan pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran dapat memicu minat belajar baru, meningkatkan motivasi dan aktivitas belajar, serta memiliki dampak psikologis bagi siswa. Dapat disimpulkan bahwa baik media pembelajaran maupun teknologi memiliki daya tarik yang sama. Sebagai contoh, game edukasi dengan tema matematika untuk siswa sekolah dasar telah meningkatkan persentase penggunaannya menjadi 32% dibandingkan dengan pembelajaran menggunakan buku sebesar 28%. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan metode ADDIE dalam pengembangan permainan edukasi interaktif untuk anak pada mata pelajaran matematika yang awalnya bersifat statis menjadi interaktif. Hal ini bertujuan untuk memudahkan anak dalam belajar matematika melalui permainan. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah permainan edukasi interaktif untuk anak pada mata pelajaran matematika yang dikembangkan menggunakan metode ADDIE. Permainan ini dirancang untuk menyampaikan materi pembelajaran matematika tingkat sekolah dasar

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-04-24