PENERAPAN UML PADA E-RESERVASI PERAWATAN KULIT WAJAH BERBASIS WEBSITE

STUDI KASUS RUMAH CANTIK ALISYA

  • Syifa Novianti Putri Sistem Informasi, Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Apriade Voutama Sistem Informasi, Universitas Singaperbangsa Karawang
Keywords: Perawatan Kulit, E-Reservasi, SDLC, UML, Website

Abstract

Kemajuan teknologi saat ini telah mengubah banyak aspek kehidupan, termasuk dalam bidang pelayanan kesehatan khususnya perawatan kulit wajah. Banyak industri perawatan kulit yang telah beralih ke platform digital, seperti website untuk menyediakan layanan yang lebih inovatif dan memuaskan pelanggan. Namun, beberapa tempat perawatan kulit wajah masih menggunakan metode tradisional dalam proses reservasi, contohnya Rumah Cantik Alisya. Mereka meminta pelanggan untuk datang langsung atau menelepon untuk melakukan reservasi, yang seringkali tidak efisien karena kemungkinan antrian penuh dan kesulitan petugas dalam mengelola data secara manual. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sistem e-reservasi perawatan kulit wajah berbasis website pada Rumah Cantik Alisya menggunakan metode pendekatan System Development Life Cycle (SDLC) dan pemodelan Unified Modeling Language (UML). Melalui sistem ini, pelanggan dapat melakukan reservasi secara online, mengakses jadwal perawatan, memilih jenis perawatan, dan mengakses informasi penting yang lebih lengkap. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang dikumpulkan melalui studi literatur dan wawancara untuk memahami tren terbaru dalam perawatan kulit wajah dan proses reservasi yang ada untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Dengan menggunakan pendekatan SDLC dan UML, diharapkan pengembangan sistem dapat dilakukan secara lebih terstruktur dan efisien, sehingga dapat mengatasi kendala pada reservasi manual, meningkatkan kepuasan pelanggan, memperkuat hubungan dengan mereka, dan meningkatkan efisiensi operasional Rumah Cantik Alisya

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-04-26