PENERAPAN DATAMINING DALAM MENENTUKAN POLA PENJUALAN PRODUK MENGGUNAKAN ALGORITMA FP-GROWTH
Abstract
Perkembangan bisnis di era digital menuntut penggunaan teknologi untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas operasional. Penelitian ini fokus pada penerapan datamining menggunakan algoritma FP-Growth dalam konteks penjualan produk di toko spesial juice dan sop buah. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menerapkan datamining dengan algoritma FP-Growth guna menentukan pola penjualan produk yang relevan dan memberikan kontribusi signifikan terhadap keberhasilan toko spesial juice dan sop buah. Metode yang digunakan melalui pendekatan penelitian dengan mengumpulkan data penjualan historis dari toko tersebut. Selanjutnya, algoritma FP-Growth diterapkan untuk mengidentifikasi pola penjualan yang signifikan dari dataset tersebut. Hasil yang paling banyak memberikan dukungan (support) dan confident yaitu 0.064 dengan nama minuman adalah: Air kelapa murni, Alpuket, Es kelapa gula putih, Es tape ketan, Mangga, Sop buah.