PERANCANGAN UI/UX APLIKASI DAUR ULANG SAMPAH BERBASIS MOBILE MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING

  • Muhammad Fajar Nadillah Sistem Informasi, Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Apriade Voutama Sistem Informasi, Universitas Singaperbangsa Karawang
Keywords: Aplikasi Mobile, Daur Ulang Sampah, Design Thinking, System Usability Testing (SUS), User Interface (UI), User Experience (UX)

Abstract

Perkembangan teknologi informasi, khususnya dalam bidang internet, telah memengaruhi pola pikir dan gaya hidup masyarakat secara signifikan. User Interface (UI) dan User Experience (UX) menjadi aspek penting dalam perancangan produk teknologi informasi, dimana metode design thinking sering digunakan. Namun, aplikasi pengelolaan sampah berbasis digital di Indonesia masih belum efektif dalam aspek fitur dan pengalaman pengguna. Oleh karena itu, diperlukannya rancangan baru untuk menjadi solusi dari permasalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk merancang UI/UX aplikasi daur ulang sampah bernama Icycle dengan menggunakan metode design thinking. Tahapan metode design thinking, yaitu empathize, define, ideate, prototype, dan testing, diterapkan dalam penelitian ini. Hasilnya adalah rancangan prototype aplikasi Icycle yang diuji melalui metode Usability Testing (UT) dan System Usability Scale (SUS). Hasil evaluasi menunjukkan bahwa aplikasi Icycle mendapatkan nilai rata-rata 90 pada SUS, menunjukkan tingkat kegunaan yang baik. Namun, disarankan untuk terus mengumpulkan umpan balik pengguna dan melakukan evaluasi rutin untuk memastikan keberhasilan jangka panjang aplikasi ini dalam mempromosikan praktik daur ulang yang berkelanjutan dan kesadaran lingkungan di masyarakat

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-05-02