PERANCANGAN UI/UX PADA APLIKASI STAYZY MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING

  • Ayutia Yasmin Sistem Informasi, Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Apriade Voutama Sistem Informasi, Universitas Singaperbangsa Karawang
Keywords: Aplikasi, Design Thinking, StayZy, UI/UX, Usability testing

Abstract

Desain antarmuka pengguna yang efektif sangat penting untuk keberhasilan aplikasi mobile tepatnya pada aplikasi untuk sewa apartemen secara online. Bagi para pengguna, sewa apartemen secara online dari aplikasi sangat efisien daripada harus mencari apartemen dengan survei langsung. Studi ini bertujuan untuk menggunakan proses design thinking untuk membangun antarmuka Pengguna/Pengalaman Pengguna (UI/UX) aplikasi untuk sewa apartemen Bernama “StayZy”. Melalui pendekatan ini, kami memahami kebutuhan pengguna secara mendalam, mengeksplorasi ide-ide inovatif, dan menguji konsep-konsep yang dihasilkan. Ada lima fase dalam proses design thinking: empati, definisi, ideasi, prototyping, dan pengujian. Setiap tahap dilakukan dengan tujuan untuk mendapatkan wawasan yang kuat tentang kebutuhan dan preferensi pengguna. Studi ini menunjukkan bahwa penerapan design thinking dalam desain UI/UX StayZy telah meningkatkan pengalaman pengguna, keterlibatan, dan kesesuaian dengan kebutuhan pengguna. Setelah melakukan usability testing pada produk, ditemukan bahwa pengguna mengalami beberapa masalah selama pengujian prototipe misalnya, pengguna kesusahan saat ingin melakukan booking dikarenakan tombol nya yang tidak ter-highlight. Dengan mengimplementasikan metode design thinking setelah user melakukan pengujian prototipe pada maze.co serta uji SUS dan dari keduanya didapatkan skor yang cukup baik dengan nilai diatas 70 yang artinya prototipe aplikasi ini dapat diterima oleh pengguna.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-05-02