MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN HEWAN PRASEJARAH UNTUK ANAK USIA DINI DI TK ALFABETA

  • Indra Septian Rizki Teknik Informatika, Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Freza Riana Teknik Informatika, Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Safaruddin Hidayat A Teknik Informatika, Universitas Ibn Khaldun Bogor
Keywords: Pendidikan Anak Usia Dini, Media Pembelajaran, Augmented Reality, Hewan Prasejarah

Abstract

Pendidikan anak usia dini adalah suatu bentuk penyelenggaraan pendidikan yang difokuskan untuk menciptakan landasan bagi pertumbuhan, kecerdasan, bahasa dan komunikasi sesuai dengan tahapan perkembangan anak. Salah satu permasalahan yang sering muncul pada saat belajar di taman kanak-kanak adalah anak kurang berminat dan konsentrasi dalam belajar, hal ini dapat disebabkan oleh metode pembelajaran yang kurang menarik, termasuk di TK Alfabeta. Di TK Alfabeta pengenalan yang berhubungan dengan hewan prasejarah sendiri masih sangat sedikit, mereka masih menggunakan buku, sehingga membuat buku itu rusak karena sering digunakan. Sehingga diperlukan media pembelajaran yang baru untuk mengenalkan hewan prasejarah, salah satunya menggunakan Augmented Reality (AR). Peneliti membuat sebuah media pembelajaran melalui aplikasi AR dengan menggunakan objek tiga dimensi sebagai kontennya. Metode pengembangan yang dilakukan menggunakan Model Linear Sequential dimana tahapannya adalah analisis, pengembangan, coding, testing. Penelitian ini menggunakan Vuforia SDK, dan Unity 3D sebagai pembuatan aplikasi media pembelajaran pengenalan hewan prasejarah. Setelah aplikasi ini diuji dengan metode Blackbox, fungsi-fungsi yang telah diuji sesuai dengan yang diharapkan oleh peneliti.  Aplikasi ini dapat menjadi solusi yang tepat agar pengenalan hewan prasejarah menjadi lebih menarik dan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran serta meningkatkan minat dan motivasi belajar

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-05-02