RANCANGAN UI/UX SISTEM INFORMASI PEMINJAMAN RUANGAN FASILKOM UNSIKA MENGGUNAKAN METODE WATERFALL
Abstract
Perkembangan teknologi informasi yang pesat mendorong inovasi dalam dunia pendidikan, terutama dalam pengelolaan ruang kelas yang efisien. Masalah ketersediaan ruang kelas di Fakultas Ilmu Komputer Universitas Singaperbangsa Karawang menjadi fokus utama penelitian ini. Dengan menggunakan metode SDLC pendekatan waterfall dan desain prototype dengan Figma, project SIRKUS menghadirkan solusi berupa aplikasi web. Aplikasi ini memungkinkan mahasiswa dan dosen untuk memeriksa ketersediaan ruang kelas secara real-time, melakukan peminjaman ruangan, serta mengoptimalkan penggunaan sumber daya melalui manajemen akses dan presensi otomatis. Pengujian black box telah dilakukan untuk memastikan fungsionalitas dan keamanan aplikasi, dengan hasil yang positif sesuai dengan skenario yang telah ditentukan. SIRKUS memberikan kontribusi signifikan dalam meningkatkan efisiensi proses belajar-mengajar di lingkungan akademik