PERANCANGAN UI/UX UNTUK PLATFORM E-LEARNING KELAS FOTOGRAFI DAN VIDEOGRAFI BERBASIS WEB MENGGUNAKAN FIGMA

  • Muhammad Aliffigo Yogatura Sistem Informasi, Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Apriade Voutama Sistem Informasi, Universitas Singaperbangsa Karawang
Keywords: perancangan, UI/UX, E-learning, Prototype, Figma

Abstract

Perkembangan dunia IPTEK (ilmu pengetahuan dan teknologi) telah mendorong transformasi dalam berbagai bidang salah satunya pendidikan. Platform e-learning menjadi solusi untuk meningkatkan akses dan fleksibilitas dalam belajar. penelitian ini bertujuan untuk merancang UI/UX platform e-learning kelas fotografi dan videografi berbasis web dengan menggunakan metode prototype. platform ini dirancang untuk mengatasi masalah pada platform kelas offline seperti antrean panjang saat pendaftaran, lokasi kelas yang sulit dijangkau, dan minimnya informasi kelas. Metode prototype digunakan untuk membangun prototype yang interaktif tanpa menyajikan bentuk asli dari suatu sistem. Hasil penelitian ini di implementasikan ke dalam desain prototype menggunakan perangkat lunak desain Figma. Desain ini meliputi tata letak antarmuka pengguna dan fitur - fitur yang telah di identifikasi sebelumnya sehingga desain web platform e-learning ini dapat membantu pengguna dalam mengakses berbagai fitur seperti pendaftaran tanpa antrean panjang, mengikuti program kelas secara online dan melihat jadwal program kelas yang akan diadakan. Dan hasil penelitian ini digunakan metode Usability testing untuk pengujian pengalaman pengguna menggunakan website dengan beberapa Prototype test dan Opinion scale. Pengujian usability testing menggunakan aplikasi Maze dan hasil dari pengujian ini mendapatkan usability score 89. Dengan demikian diharapkan desain ini dapat mengatasi masalah - masalah pada platform kelas offline dan meningkatkan pengalaman belajar pengguna

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-05-02