ANALISIS KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK TERHADAP PROMOSI DAN VIRAL MARKETING DI TIKTOK SHOP MENGGUNAKAN ALGORITMA C4.5

STUDI KASUS (KUESIONER MAHASISWA STMIK IKMI CIREBON)

  • Nicky Nurliana Teknik Informatika STMIK IKMI Cirebon
  • Nana Suarna Teknik Informatika STMIK IKMI Cirebon
  • Willy Prihartono Teknik Informatika STMIK IKMI Cirebon
Keywords: Keputusan pembeli, promosi dan marketing viral, TikTok Shop, algoritma C4.5.

Abstract

Banyak layanan e- commerce yang menawarkan berbagai promosi yang menarik agar konsumen semakin tertarik untuk menggunakan layanannya, salah satunya ialah TikTok Shop. Masalah dari penelitian ini yaitu ingin mengetahui apakah promosi dan viral marketing sangat berpengaruh terhadap keputusan pembelian suatu produk di TikTok Shop. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis keputusan pembelian produk di platform e-commerce TikTok dan dampaknya terhadap strategi promosi dan pemasaran viral. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan survey.  Metode penelitian yang digunakan yaitu data mining dengan alg oritma C4.5. Adapun langkah-langkah dalam metode ini yaitu mengikuti alur KDD (Knowledge Discovery in Databases) diawali dengan pengumpulan data hasil survey, pembersihan data, penerapan algoritma C4.5 hingga nantinya membuat pohon keputusan (Decision Tree). Dalam penelitian ini untuk  pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan penyebaran kuesioner melalui google form. Hasil dari penelitian ini yaitu algoritma C4.5 dapat mengidentifikasi keputusan pembeli dengan nilai akurasi yang diperoleh yaitu sebesar 91.73% nilai recall sebesar 69.13% dan nilai presesi sebesar 69.05%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa persepsi dari tingkat keputusan pembeli produk di TikTok Shop terhadap promosi dan viral marketing mendapatkan hasil “Ya”.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-05-02