APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAN BANGUN RUANG MENGGUNAKAN MARKER BASED AUGMENTED REALITY

  • Risti Indah Maryanti Teknik Informatika, Universitas Ibn khaldun Bogor
  • Fitrah Satrya Fajar Kusumah Teknik Informatika, Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Hersanto Fajri Teknik Informatika, Universitas Ibn Khaldun Bogor
Keywords: Augmented Reality, Bangun Ruang, Media pembelajaran, Aplikasi

Abstract

Matematika di sekolah dasar dianggap sebagai pelajaran yang sulit dan kurang diminati, karena memiliki beragam materi dan rumus – rumus yang harus dipelajari. Dalam penerapannya siswa kelas 6 sekolah dasar kurang memahami materi bangun ruang, karena kurangnya media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran bangun ruang untuk siswa kelas 6 sekolah dasar menggunakan teknologi Augmented Reality (AR) berbasis Android. Penggunaan teknologi AR dalam penelitian ini akan menggunakan Marker Based Augmented Reality (Marker Based Tracking) yang menggunakan penanda untuk menampilkan objek digital. Metode penelitian yang digunakan pada sistem ini yaitu metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC), yang merupakan suatu kerangka kerja untuk pengembangan konten multimedia dan platform Unity 3D untuk pengembangan aplikasi augmented reality. Pengujian aplikasi ini menggunakan black box testing untuk menilai kebutuhan pengguna serta spesifikasi software. Hasil dari pengujian black box testing seluruh menu dan fitur dapat dijalankan sesuai dengan fungsinya. Hasil pengujian aplikasi menunjukkan respon yang positif dari siswa kelas 6 sekolah dasar. Selain itu, siswa juga menunjukkan kemudahan dalam memahami materi bangun ruang dan merasa terlibat dalam interaksi dengan aplikasi tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-05-04