ANALISIS SENTIMEN PENGGUNA APLIKASI SHEJEK BERDASARKAN ULASAN DI GOOGLE PLAY STORE MENGGUNAKAN METODE NAÏVE BAYES
Abstract
Di era digital dewasa ini, perkembangan aplikasi transportasi online telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari pada masyarakat, menyebabkan perubahan relevan dalam melakukan perjalanan, Shejek menawarkan layanan transportasi daring bagi pengguna untuk memesan kendaraan perjalanan mereka. popularitas Shejek tidak selalu diikuti ulasan yang positif dari pengguna. Permasalahan muncul dalam mencari cara secara efektif memperoleh opini pengguna dari ulasan yang ditinggalkan di Google Play Store terkait dengan aplikasi Shejek. Tujuannya adalah untuk mengembangkan model analisis sentimen yang dapat membantu memahami masukan pengguna secara lebih efektif, Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis sentimen menggunakan algoritma Naive Bayes. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat akurasi, precision, dan recall dalam penggunaan algoritma Naive Bayes mengklasifikasikan sentimen ulasan aplikasi Shejek di Google Play Store. Data yang digunakan adalah ulasan pengguna yang diambil dari Google Play Store terkait aplikasi Shejek pada 627 ulasan setelah preprocessing data. Hasilnya menunjukkan 500 ulasan dengan label, terdiri dari 271 ulasan positif dan 229 ulasan negatif. Analisis distribusi sentimen menggambarkan mayoritas ulasan cenderung bersifat positif. Evaluasi performa model menunjukkan tingkat akurasi sebesar 80.39%, precision sebesar 73.69%, dan recall sebesar 94.54%. Hasil ini memberikan wawasan terkait aplikasi Shejek oleh pengguna, sekaligus memberikan pengembangan dan perbaikan lebih lanjut.