PEMANFAATAN MACROMEDIA FLASH 8 SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN INFORMATIKA KELAS X DI SMA

  • Atikoh Ardana Universitas Bina Bangsa
  • Dewi Surani Universitas Bina Bangsa
  • Bunga Sri Kurniawan SMA Negeri 5 Kota Serang
Keywords: Media Pembelajaran, Macromedia Flash 8, Hasil Belajar Siswa

Abstract

Ketidaktertarikan siswa dalam belajar disebabkan karena guru masih memanfaatkan buku paket yang disediakan sekolah untuk mengkomunikasikan mata pelajaran sehingga diperlukan pengembangan media pembelajaran informatika yang dibangun pada Macrmedia Flash 8. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hasil belajar dengan penggunaan media pembelajaran interaktif yang menggunakan Macromedia Flash 8. Penelitian ini menerapkan desain eksperimen dengan metodologi pretest-posttest. Penyelenggaraan pretest-postest ini untuk mengetahui apakah penggunaan media pembelajaran Macrmedia Flash 8. sepanjang proses pembelajaran menghasilkan perubahan. Salah satu penyebab utama rendahnya hasil dan motivasi belajar siswa kemungkinan besar adalah tidak adanya sumber belajar yang inovatif dan kreatif di kelas. Penelitian dilakukan pada siswa kelas X yang berjumlah 50 orang sebagai kelompok eksperimen dan 50 siswa kelompok kontrol. Berdasarkan analisis data, kelas eksperimen lebih termotivasi untuk belajar dibandingkan kelas kontrol, dan hasil belajarnya pun meningkat berkat penerapan media. Membandingkan skor sebelum dan sesudah tes menunjukkan bahwa 50 siswa (100%) mengalami peningkatan pemahaman setelah menggunakan sumber belajar. sehingga bisa dikatakan bahwa pemanfaatan media pembelajaran berbasis macromedia flash 8 merupakan cara yang lebih efektif dibandingkan dengan menggunakan teknik tradisional untuk guru tentunya guru di SMA Negeri 5 Kota Serang

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-04-26