ANALISIS SENTIMEN PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP MINAT BELI SKINCARE PADA REMAJA DI INDONESIA MENGGUNAKAN ALGORITMA NAÏVE BAYES

  • Saufa Lutfiani Teknik Informatika, STMIK IKMI Cirebon
  • Rini Astuti Dosen STMIK IKMI CIREBON
  • Fadhil M Basysyar,M,Kom Dosen STMIK IKMI CIREBON
Keywords: Media sosial, Minat Beli, Skincare

Abstract

Di Indonesia Berdasarkan hasil pengamatan awal perkembangan minat beli skincare belum memiliki perkembangan yang baik dikarenakan belum menggunakan sosial media,pesatnya teknologi di zaman sekarang ini membuat media sosial semakin banyak diminati oleh kaum remaja, dewasa, dan orangtua, sebagai media untuk bersilaturahmi dan juga referensi-referensi yang bisa dilihat untuk belanja online khususnya media sosial Tik-Tok. Permasalahan penelitian ini mencakup beberapa hal seperti keterbatasan informasi bagaimana keterbatasan informasi yang ditemukan dimedia sosial dapat mempengaruhi minat beli remaja pada produk skincare. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis sejauh mana pengaruh media sosial terhadap minat beli skincare pada remaja,penelitian ini bisa mencakup aspek-aspek seperti pengaruh iklan,testimoni pengguna atau tren kecantikan yang dipromosikan melalui platfrom media sosial tiktok dapat memberikan wawasan tentang bagaimana media sosial mempengaruhi keputusan beli remaja terkait produk perawatan kulit.. Metode yang digunakan dalam Penelitian ini menggunakan metode alur penelitian Knowledge Discover in Database (KDD) Tahapan dalam penelitian ini  menggunakan metode algoritma naive bayes, metode algoritma naive bayes.naive bayes adalah algoritma machine learning untuk masalah klasifikasi. Pengumpulan data diperoleh yaitu melalui kuesioner.  Hasil analisis dari penelitian ini adalah berupa diagram sentimen positif dan negatif dengan hasil positif 0,8138 dan yang negatif 0,7526

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-05-04