IMPLEMENTASI METAVERSE SEBAGAI VIRTUAL OFFICE DI PT. IDE DICONIC MENGGUNAKAN APLIKASI GATHER TOWN

  • Rijal Abdulrohman Teknik Informatika, Universitas Perjuangan Tasikmalaya
  • Yusuf Sumaryana Teknik Informatika, Universitas Perjuangan Tasikmalaya
  • Teuku Mufizar Teknik Informatika, Universitas Perjuangan Tasikmalaya
Keywords: Metaverse, Vitual Office, Game based Learning (GBL) Mode, Gather Town

Abstract

Pertumbuhan teknologi digital dan Internet membawa perubahan signifikan terhadap perekonomian dan pekerjaan. Perkembangan terkini yang menarik perhatian adalah konsep metaverse. Metaverse adalah dunia virtual yang terdiri dari berbagai ruang virtual yang dapat diakses pengguna melalui avatarnya. Dalam bisnis, Metaverse memiliki potensi besar sebagai virtual office atau kantor virtual. Hingga saat ini pasca pandemic WFH masih menjadi pilihan karena memilki waktu yang flesibel dalam bekerja. Namun pada kenyataanya banyak mengalami kesulitan dalam komunikasi, karena dalam komunikasi via online kurang memuaskan dan sering terjadi miss komunikasi, serta terkadang rekan kerja susah dihubungi. Kurangnya interaksi dengan rekan kerja yang lain membuat suasana kerja menjadi monoton. Berdasarkan hal tersebut, maka dilakukan implementasi metaverse sebagai virtual office dan juga pengujiannya. metode yang digunakan menggunakan Game Based Learning (GBL) model. Prosesnya terdiri dari empat tahapan yaitu analisis, produksi, testing dan rilis. evaluasi pada pengembangan menggunakan User Engagement Scale Short (UES-SF). Hasil dari penelitian ini menghasilkan Virtual tour yang mempunyai beberapa fitur seperti absensi, video meeting, mini games dan juga test room untuk mengakses portofolio perusahaan. Hasil dari pengujiannya yaitu 80,5 dan masuk kategori layak.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-06-20