PERANCANGAN SISTEM MANAJEMEN PEMBELAJARAN DAN FORUM DISKUSI BERBASIS WEBSITE MENGGUNAKAN FRAMEWORK NEXT JS DI MTS NURUL FIQRI

  • Ispandi Ispandi Informatika, Universitas Nusa Mandiri
  • Muhammad Fahmi Informatika, Universitas Nusa Mandiri
  • Bibit Sudarsono Sistem Informasi, Universitas Bina Sarana Informatika
  • Hanafi Eko Darono Sistem Informasi, Universitas Bina Sarana Informatika
  • Jefi Jefi Teknologi Informasi, Universitas Bina Sarana Informatika

Abstract

Pemanfaatan kemajuan dari pesatnya perkembangan teknologi telah mengatasi berbagai macam permasalahan dari banyak aspek di berbagai bidang dalam kehidupan, tidak terkecuali dalam bidang pendidikan. Sebab itu sudah seharusnya MTs Nurul Fiqri berinovasi dalam metode pembelajaran karena saat ini hanya menggunakan metode pembelajaran konvensional yang terbatas hanya didalam kelas saja. Beberapa permasalahan yang ada perlu diperhatikan, salah satu permasalahan sebagai contoh adalah murid yang berhalangan hadir dapat tertinggal materi pembelajaran. Hal tersebut yang mendasari perancangan sebuah metode pembelajaran e-learning yaitu Learning Management System berbasis website dengan tujuan agar dapat menyelesaikan permasalahan dan melengkapi kekurangan dari metode konvesional yang ada. Dalam pengembangan website ini, digunakan metode System Development Life Cycle (SDLC) dengan model pengembangan prototype yang melibatkan beberapa tahapan, seperti pengumpulan kebutuhan, pembuatan prototype, evaluasi prototype, pengkodean sistem, pengujian sistem dan evaluasi sistem. Website menggunakan typescript sebagai bahasa pemrograman dan akan berjalan pada framework Next JS dengan tambahan berbagai library pihak ketiga. Dengan demikian didapatkan diakhir penelitian ini didapat kesimpulan bahwa website ini dapat melengkapi kekurangan metode pembelajaran konvensional karena murid dengan mudah dapat mengakses berbagai materi pembelajaran di luar kelas, dan dilengkapi dengan berbagai fitur interaksi antara pendidik dan murid.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-06-14