APLIKASI PENGENALAN PUPUH SUNDA MENGGUNAKAN METODE MULTIMEDIA DEVELOPMENT LIFE CYCLE BERBASIS ANDROID

MI Cijambe

  • Arya Dipa Teknik Informatika, Universitas Perjuangan
  • Evi Dewi Sri Mulyani Teknik Informatika, Universitas Perjuangan
  • Yusuf Sumaryana Teknik Informatika, Universitas Perjuangan

Abstract

Pupuh Sunda, sebagai bagian dari warisan budaya Indonesia, khususnya di Jawa Barat, menghadapi tantangan dalam era digital ini karena kurangnya aksesibilitas dan pemahaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi pengenalan Pupuh Sunda berbasis Android menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) untuk meningkatkan pemahaman dan apresiasi terhadap budaya sastra tradisional ini. Melalui tinjauan pustaka, konsep multimedia, dan metodologi penelitian, aplikasi ini dirancang untuk menyajikan informasi tentang berbagai jenis Pupuh Sunda secara interaktif dan mendalam. Perangkat lunak seperti Unity, Web Musicfy, dan Visual Studio Code digunakan dalam pengembangan aplikasi ini. Evaluasi dilakukan untuk menilai akurasi pengenalan Pupuh Sunda, kegunaan antarmuka pengguna, dan kepuasan pengguna secara keseluruhan. Penggunaan metode N-Gain menunjukkan hasil cukup signifikan dibuktikan dari hasil pre-test 817 dan post-test 1.878 dengan metode N-Gain senilai 0,50524 atau dikategorikan peningkatan signifikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi ini efektif dalam meningkatkan pemahaman dan apresiasi terhadap Pupuh Sunda di kalangan siswa. Meskipun demikian, aplikasi ini masih perlu pengembangan lebih lanjut untuk meningkatkan kualitasnya dan membuatnya lebih menarik bagi pengguna

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-06-19