ANALISIS POLA PEMBELIAN KONSUMEN TERHADAP PRODUKS OPERATOR TELEKOMUNIKASI MENGGUNAKAN ALGORITMA C4.5

STUDI KASUS : FEEYZA CELL

  • Dwi Prasetyo Teknik Informatika, STMIK IKMI Cirebon
  • Nana Suarna Teknik Informatika, STMIK IKMI Cirebon
  • Tati Suprapti Teknik Informatika, STMIK IKMI Cirebon
Keywords: Produk Telekomunikasi, Algoritma C4.5, Data Mining, Klasifikasi

Abstract

Kemajuan teknologi komunikasi dan informasi yang sangat pesat dan semakin hemat biaya telah memungkinkan masyarakat untuk beralih menggunakan kuota dan  pulsa sehingga kini menjadi suatu kebutuhan yang mutlak. Penulis mulai tertarik. Berbagai produk operator yang tersedia di counter Feeyza Cell, seperti Kartu Telkomsel, Kartu XL, Kartu Indosat, Kartu 3, dll, telah dikategorikan oleh peneliti sebagai 'best seller' dan 'non-best seller. Tujuannya adalah untuk mengetahui penerapan data mining dengan menggunakan algoritma C45 dalam menentukan keakuratan data klasifikasi produk terlaris dan hasil persediaan penjualan kartu perdana. Dengan demikian nilai entropy dan gain tertinggi yaitu 2,310770059 pada atribut-atribut Jenis Kartu Perdana pada perhitungan manual. Sedangkan menggunakan aplikasi Rapidminer diperoleh hasil pohon keputusan seperti terlihat pada Gambar 4.8 Harga – Jumlah Terjual – Jenis Kartu Perdana (3 = Kurang Laris, Telkomsel = Laris) jika harganya di atas 5500 dan kurang dari atau sama dengan 6500, disarankan Indosat; jika di atas 6500 dan kurang dari atau sama dengan 7500, disarankan Telkomsel atau XL berdasarkan kondisi tertentu.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-05-05